DPRD Pekanbaru Sarankan Daripada Bangun Tugu Roda, Lebih Baik Untuk RS Daerah Madani 

Rabu, 17 Februari 2021 - 17:45:16 wib | Dibaca: 669 kali 
DPRD Pekanbaru Sarankan Daripada Bangun Tugu Roda, Lebih Baik Untuk RS Daerah Madani 

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Ginda Burnama ST, mempertanyakan urgensi wacana pembangunan Tugu Roda Terbang di Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Pekanbaru di tengah pandemi covid-19.

"Urgensi tugu ini seperti apa, di masa pandemi saat ini Pemko sebaiknya lebih jeli melihat prioritas yang mana dulu. Apalagi tugu ini anggarannya cukup besar. Mudah-mudahan hal ini bisa mnjadi pertimbangan," kata Ginda, Rabu (17/2/2021).

Ginda mengatakan bahwa Tugu Roda Terbang belum pas dibangun oleh Pemko Pekanbaru. Pasalnya, pembangunan tugu tersebut dikerjakan di masa pandemi covid-19.

"Kalau memang itu banyak kemaslahatan ke masyarakat, ya kenapa tidak. Namun, kita lihat dulu konteksnya dari pandemi saat ini. Apakah pandemi ini berkurang atau makin tinggi. Seperti itu kita melihatnya dari sisi masyarakat," terangnya.

Politisi Gerindra ini meminta Pemko Pekanbaru untuk mempertimbangkan kembali pembangunan Tugu Roda Terbang yang digadang-gadang akan menjadi destinasi dan ikon bagi Kota Pekanbaru.

"Menurut saya, coba dipertimbangkan kembali. Tetapi kita kemarin sudah komunikasi dengan Dinas PUPR, itu bukan untuk ikon saja, namun ada hal-hal yang memberikan edukasi buat buat masyarakat," kata Ginda.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Sigit Yuwono menegaskan, ketimbang Pemko Pekanbaru membangun Tugu Roda Terbang, lebih baik anggaran tersebut digunakan untuk menyelesaikan Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Sigit Yuwono 

"Lebih baik lengkapi dulu rumah sakitnya, kalau rumah sakit selesai tapi peralatan tidak lengkap untuk apa," kata Sigit, Selasa (16/2/2021).

Politisi Demokrat menjelaskan bahwa anggaran pembangunan Tugu Roda Terbang ini belum ada diajukan oleh Dinas PUPR Kota Pekanbaru melalui APBD murni di tahun 2021 ini.

"Belum, belum ada (anggaran) dan juga belum ada pembahasan. Tapi belum tahu kalau ada pergeseran anggaran," jelasnya.

Sekretaris Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah menjelaskan, pembangunan Tugu Roda Terbang bukan pekerjaan yang tiba-tiba dianggarkan tahun 2021 ini. Perencanaan sudah dimulai sejak tahun 2019.

Namun, perencanaan yang akan dibangun atau direalisasikan pada tahun 2020 itu sempat tertunda, karena Pemko fokus kepada penanganan Covid-19.

"Roda Terbang itu sebenarnya bukan sekadar tugu. Roda terbang itu sendiri sebenarnya ada di lambang Kota Pekanbaru," kata Edward, Selasa (16/2/2021).

Kata dia, di dalam lambang Kota Pekanbaru itu ada gambar gerbang kota, ada gambar padi dan kapas, juga ada gambar pompa minyak. Gambar-gambar yang ada di dalam lambang Kota Pekanbaru itu mempunyai arti masing-masing.

"Untuk roda terbang itu sendiri melambangkan Pekanbaru yang dinamis. Perkembangannya dinamis. Perkembangan Pekanbaru semakin baik. Dari filosofi itulah kita ambil," pungkasnya.


Loading...
BERITA LAINNYA